Portal Smart City Kota Palopo

Palopo Kota Kebersamaan yang Kolaboratif, Edukatif, Berbudaya, Empati, Religius, Sehat, Aman, Maju, Akseleratif, Adaptifl, dan Nyaman

Kontak

Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo, Sulawesi Selatan
info@palopokota.go.id
Telp. (0471) 21007 / 21018
Fax. (0471) 21003

Follow Us

Visi & Misi Smart City Palopo

Visi dan Misi

“PALOPO KOTA KEBERSAMAAN”

Kota Palopo yang “Kolaboratif”, “Edukatif”, ”Berbudaya”, “Empati”, “Religius”, “Sehat”, “Aman”, “Maju”, “Akseleratif”, “Adaptifl”, dan “Nyaman”

Visi

"Kebersamaan" memiliki makna bahwa Kota Palopo dibangun dan dikembangkan dalam ikatan yang didasari oleh nilai kekeluargaan dan persaudaraan, lebih dari sekedar bekerja sama atau hubungan profesional, tetapi memiliki visi, kepedulian, kerendahan hati, dan mendahulukan kepentingan bersama. Adapun penjabaran makna dari Visi Smart City Kota Palopo Kebersamaan adalah sebagai berikut :

  1. Kolaboratif: Kota yang mengedepankan konsep kerja sama yang dinamis, dialogis, namun tetap harmonis untuk mencapai kondisi yang lebih baik
  2. Edukatif: Kota yang mampu memberikan dan menyediakan pendidikan berdaya saing, memberi ruang bagi pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), dan menjamin pengembangan potensi.
  3. Berbudaya: Kota yang dikembangkan dengan melestarikan warisan budaya.
  4. Empati: Kota yang penyelenggaraan layanan pemerintahan dan dinamika kehidupan sosial dilaksanakan berdasarkan bela rasa dan saling peduli dalam kerangka solidaritas.
  5. Religius: Kota yang meletakkan kepatuhan terhadap ke-Tuhan-an, dan implementasi nilai sosial, moral, norma, etika, tradisi, kearifan lokal dan toleransi sebagai fondasi kehidupan.
  6. Sehat: Kota yang menyediakan layanan kesehatan berkualitas dan inklusif, dan berupaya menyediakan dimensi permukiman, lalu lintas dan transportasi, industri, perkantoran dan pariwisata yang sehat.
  7. Aman: Kota yang memberikan jaminan perlindungan, keselamatan, dan kebebasan dari segala bentuk ancaman mental maupun spiritual
  8. Maju: Kota yang menempatkan aspek kemudahan, kecepatan, keteraksesan dan kualitas layanan sebagai dimensi utama pada semua aspek.
  9. Akseleratif: Kota yang selalu berupaya mempercepat, mengembangkan potensi dan kondisi ke arah yang lebih baik melalui sikap kreatif dan inovatif.
  10. Adaptif: Kota yang mengimplementasikan tata kelola pemerintahan dan pembangunan daerah yang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan zaman.
  11. Nyaman: Kota yang menyediakan lingkungan dan dinamika kehidupan perkotaan yang terbuka, keramah-tamahan, dan menghormati pluralisme

Misi

Misi 1: Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang responsif, efektif, efisien, profesional dan akuntabel dengan pembangunan fisik, kualitas sumber daya manusia, serta pelayanan publik berbasis teknologi, informasi, dan komunikasi.

Misi 2: Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang berbasis pada kebijakan pembangunan yang holistik dan jangka panjang dengan berprinsip pada nilai-nilai pelestarian alam dan budaya, pemerataan kesejahteraan ekonomi.

Misi 3: Meningkatkan perekonomian daerah yang mandiri dan berkelanjutan dengan berbasis pemanfaatan sumber daya manusia, sumber daya alam dan sumber daya budaya

Misi 4: Meningkatkan pelayanan dasar melalui keterbukaan informasi, aksesibilitas, dan konektivitas sistem pelayanan publik yang berbasis pada teknologi informasi