Portal Smart City Kota Palopo

Palopo Kota Kebersamaan yang Kolaboratif, Edukatif, Berbudaya, Empati, Religius, Sehat, Aman, Maju, Akseleratif, Adaptifl, dan Nyaman

Kontak

Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo, Sulawesi Selatan
info@palopokota.go.id
Telp. (0471) 21007 / 21018
Fax. (0471) 21003

Follow Us

Dimensi Smart City

Smart Governance

Smart Governance merupakan salah satu dimensi dalam Smart City yang memiliki tujuan yaitu mewujudkan tata kelola pemerintahan dan pelayanan masyarakat yang efisien, efektif dan terintegrasi. Beberapa sub- dimensi yang ada berupa layanan publik (public services), birokrasi (bureaucracy), dan perancangan kebijakan (policy design). Adapun dalam pembangunan Smart City Kota Palopo, Strategi dan arah kebijakan yang mengacu pada dimensi ini difokuskan pada pengembangan kompetensi dan kualitas sumber daya manusia untuk mewujudkan profesionalisme aparatur, kapasitas kelembagaan pemerintah dan masyarakat. Selain itu juga untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang responsif, efektif, efisien, profesional dan akuntabel dengan pembangunan fisik, kualitas sumber daya manusia, serta pelayanan publik berbasis teknologi, informasi, dan komunikasi.

Sasaran Jangka Pendek Smart Governance

Sub-Dimensi Sasaran
Layanan Publik Meningkatnya kualitas pelayanan publik dan pengembangan sistem pelayanan terpusat,
Birokrasi Meningkatnya kualitas kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah
Perancangan Kebijakan Meningkatnya keterlibatan masyarakat dalam pengembangan kebijakan

 

Quickwin Smart Governance (Papolo One Service)

Smart Goverment menjadi salah satu dimensi dalam Smart City yang berfokus pada permasalahan layanan publik, birokrasi, dan pelayanan kebijakan. Dalam implementasi Smart Government di Kota Palopo, program unggulan atau Quickwin yang dikembangkan lebih berfokus pada sub-dimensi layanan publik. Program Smart Governance layanan publik di Kota Palopo yaitu dikembangkan dalam bentuk Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang terintegrasi dengan portal layanan informasi publik.

Smart Economy

Smart Economy merupakan salah satu dimensi dalam konsep Smart City yang bertujuan untuk bidang usaha masyarakat sehingga mampu beradaptasi sesuai tantangan di era informasi dengan cara yang cerdas. Dimensi Smart Economy masuk dalam misi Smart City Kota Palopo yang ketiga. Terdapat 3 sub dimensi pada Smart Economy, yaitu: ekosistem industri (industry), peningkatan kesejahteraan masyarakat (welfare), dan ekosistem transaksi keuangan (transaction). Adapun strategi pada dimensi Smart Economy ini difokuskan untuk Meningkatkan kemampuan pembiayaan pembangunan daerah untuk mewujudkan peningkatan kesejahteraan rakyat dan kemandirian pembangunan, serta mengembangkan produktivitas ekonomi masyarakat dan dunia usaha.

Sasaran Jangka Pendek Smart Economy

Sub-Dimensi Sasaran
Ekosistem Industri Meningkatnya perluasan kesempatan berusaha dan produktivitas tenaga kerja.
Kesejahteraan Masyarakat Meningkatnya derajat kesejahteraan sosial masyarakat. Ekonomi kreatif sebagai sektor unggulan pendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat
Ekosistem Transaksi Keuangan Meningkatnya produksi dan produktivitas melalaui: Pelayanan transaksi elektronik pada bidang administrasi publik, pendidikan, dan kesehatan Pengembangan sarana prasarana transaksi di wilayah destinasi taman kota

 

Quickwin Smart Economy (UMKM Palopo Go Digital)

Smart Economy menjadi salah satu dimensi dalam Smart City yang yang bertujuan untuk mendorong bidang usaha masyarakat sehingga mampu beradaptasi sesuai tantangan di era informasi dengan cara yang cerdas. Smart Economy terutama berfokus pada permasalahan ekosistem industri, kesejahteraan masyarakat, dan ekosistem transaksi keuangan. Dalam implementasi Smart Economy di Kota Palopo, program unggulan atau Quickwin yang dikembangkan adalah pembuatan sentra UMKM berbasis digital. Program unggulan tersebut dilakukan dengan mengembangkan Portal UMKM Center Kota Palopo dengan nama UMKM Palopo Go Digital.

Smart Society

Smart Society marupakan salah satu dalam dimensi Smart City yang digunakan untuk mencapai tujuan pembentukan lingkungan masyarakat yang cerdas. Dimensi Smart Society ini masuk dalam misi Smart City Kota Palopo yang ke empat dengan tersedianya pelayanan dasar melalui keterbukaan informasi, aksesibilitas, dan konektivitas sistem pelayanan publik sehingga terbentuk sumber daya manusia yang baik. Untuk mewujudkan hal tersebut maka dapat digunakan Sub Dimensi dalam Smart Society, yaitu: komunitas warga (community), ekosistem pembelajaran (learning), dan sistem keamanan (security). Strategi dalam dimensi Smart Society ini khususnya difokuskan untuk menciptakan ketenteraman dan ketertiban masyarakat serta meningkatkan kesadaran hukum dan HAM.

Sasaran Jangka Pendek Smart Society

Sub-Dimensi Sasaran
Interaksi Masyarakat Pengembangan taman kota tematik sesuai sasaran kelompok masyarakat
Ekosistem Belajar/Pendidikan Meningkatnya derajat pendidikan masyarakat
Keamanan Masyarakat Jaminan keamanan aktivitas wisata

 

Quickwin Smart Society 1 (e-Education)

Smart Societyt menjadi salah satu dimensi dalam Smart City yang berfokus pada permasalahan sumber daya manusia. Fokus permasalahan pada dimensi Smart Society ini terbagi menjadi 3, yaitu pada pengembangan komunitas, ekosistem pembelajaran, dan sistem keamanan. Dalam implementasi Smart Society di Kota Palopo, program unggulan atau Quickwin yang dikembangkan lebih berfokus pada ekosistem pembelajaran dan pengembangan komunitas, khususnya yang berkaitan dengan ketenaga-kerjaan. Program Smart Society Kota Palopo yang berkaitan dengan ekosistem pembelajaran dinamakan e-Education, sementara yang berkaitan dengan ketenagakerjaan dinamakan SIPLOKER (Sistem Informasi Pelatihan dan Lowongan Kerja).

Quickwin Smart Society 2 (SIPLOKER)

Program unggulan atau Quickwin yang akan dikembangkan dalam pembangunan Smart City Kota Palopo adalah SIPLOKER (Sistem Informasi Pelatihan dan Lowongan Kerja) yang merupakan Platform Sistem Informasi Pelatihan dan lowongan Kerja Kota Palopo berbasis Web. Dengan adanya program ini maka kesempatan masyarakat untuk pendidikan yang berkaitan langsung dengan kesempatan kerja akan semakin besar. Melalui sistem informasi ini masyarakat dapat lebih mudah untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan secara detail terkait pelatihan kerja vokasi dan informasi lowongan kerja yang terintegrasi dengan industri, dunia usaha dan dunia kerja (INDUKA). Program ini menjadi penting dalam pembangunan Kota Palopo, terutama untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia sekaligus menurunkan tingkat pengangguran di Kota Palopo. Hal iini juga selaras dengan kebutuhan Kota Palopo yang akan mengembangkan kawasan industri.

Smart Branding

Smart Branding merupakan salah satu dimensi dalam Smart City yang memiliki tujuan yaitu membangun citra Kota Palopo, terutama sebagai kota modern pusat pelayanan ekonomi dan pelayanan umum terdepan di Indonesia yang berkearifan lokal dan religi, serta nyaman dan produktif untuk semua, sesuai dengan visi dalam RPJPD Kota Palopo. Smart Branding masuk dalam misi Smart City Kota Palopo yang pertama. Sub-dimensi yang ada pada Smart Branding adalah pariwisata (tourist), daya saing bisnis (Business Competitiveness), dan wajah (tampilan) kota (Face of The City). Adapun strategi dan arah kebijakan Smart City Kota Palopo difokuskan pada Peningkatan jasa pelayanan industri dan kepariwisataan serta pelestarian budaya daerah.

Sasaran Jangka Pendek Smart Branding

Sub-Dimensi Sasaran
Pariwisata Meningkatnya aktivitas pariwisata Terutama melalui kegiatan pariwisata budaya, pendidikan, dan kesehatan,
Daya Saing Bisnis Industri pariwisata
Wajah Kota Pengembangan destinasi taman kota, terutama kawasan

 

Quickwin Smart Branding 1 (Ayo Ke Palopo)

Smart Branding menjadi salah satu dimensi dalam Smart City yang bertujuan untuk membangun citra daerah, terutama melalui pembangunan pariwisata, daya saing bisnis, dan wajah kota. Dalam implementasi Smart Branding di Kota Palopo, program unggulan atau Quickwin yang dikembangkan terbagi menjadi dua, yaitu yang lebih difokuskan pada bidang pariwisata dan daya saing bisnis. Pada bidang pariwisata, program unggulan yang dikembangkan yaitu berupa platform sistem informasi pengelolaan database pariwisata dan ekonomi kreatif Kota Palopo.

Quickwin Smart Branding 2 (Palopo Kota Idaman Investasi)

Program unggulan atau Quickwin dari Smart Branding Kota Palopo yang kedua adalah pembuatan Sistem Informasi Potensi Investasi Kota Palopo. Merupakan aplikasi mengenai potensi investasi daerah Kota Palopo yang dinamakan Palopo Kota Idaman Investasi. Program ini menjadi penting bagi pembangunan Smart City di Kota Palopo berfungsi untuk menyediakan informasi mengenai peluang atau potensi investasi di Kota Palopo, yang berkualitas, lengkap, akurat dan terkini (up-to-date) untuk mempermudah para calon investor untuk mengambil keputusan dalam berinvestasi di Kota Palopo.

Smart Living

Smart living merupakan salah satu dimensi Smart City yang digunakan untuk menjamin kelayakan taraf hidup masyarakat melalui sub dimensi dalam Smart Living, Terdapat tiga sub dimensi dalam Smart Living yaitu: kelayakan pola hidup (harmony), kelayakan kualitas kesehatan (health), dan kelayakan moda transportasi untuk mendukung mobilitas orang dan barang di suatu daerah (mobility). Dimensi Smart Living ini masuk dalam misi Smart City Kota Palopo yang kedua, yaitu mendorong pembangunan yang holistik dan jangka panjang dengan berprinsip pada nilai-nilai pelestarian alam dan budaya, pemerataan kesejahteraan ekonomi. Strategi dalam Smart Living ini terutama ditujukan untuk Meningkatkan hubungan sinergitas dan kerja sama daerah sehingga dapat terwujud visi yang dibentuk.

Sasaran Jangka Pendek Smart Living

Sub-Dimensi Sasaran
Harmonisasi Tata Ruang Meningkatnya kapasitas dan layanan infrastruktur perkotaan. Taman kota
Kesehatan Meningkatkan derajat Kesehatan masyarakat. Pelayanan dan wisata Kesehatan
Transportasi Meningkatnya konektivitas dan aksesibilitas wilayah serta infrastruktur strategis daerah.  Akses pendukung destinasi wisata budaya, pendidikan, dan kesehatan

 

Quickwin Smart Living (Smart Healtcare)

Smart Living menjadi salah satu dimensi dalam Smart City yang bertujuan untuk menjamin kelayakan taraf hidup masyarakat melalui sub dimensi kelayakan hidup, kelayakan kualitas Kesehatan, dan kelayakan moda transportasi. Dalam implementasi Smart Economy di Kota Palopo, program unggulan atau Quickwin yang dikembangkan adalah Smart Healtcare (Pengembangan Platform Sistem Informasi layanan Kesehatan dan Rumah Sakit Terintegrasi) yang merupakan Platform Sistem Informasi Layanan Kesehatan dan Rumah Sakit Terintegrasi yang juga didukung oleh Call Center 112 yang merupakan sistem panggilan darurat untuk meningkatkan akses dan respon terhadap laporan masyarakat.

Smart Environment

Smart Environment merupakan salah satu dimensi dalam Smart City yang memiliki tujuan untuk mendorong terwujudnya keseimbangan ekosistem guna kepentingan dan kelangsungan hidup masyarakat dengan menjaga kualitas lingkungan. Dimensi smart environment masuk ke dalam misi Smart City yang kedua, yaitu mendorong pembangunan yang holistik dan jangka panjang dengan berprinsip pada nilai-nilai pelestarian alam dan budaya, pemerataan kesejahteraan ekonomi. Untuk mewujudkan hal tersebut dalam Smart Environtment digunakan tiga sub dimensi, yaitu proteksi lingkungan (Environmental Protection), pengelolaan sampah dan limbah (Waste Management). Adapun strategi dalam Smart Environment Kota Palopo difokuskan untuk meningkatkan pengelolaan pemanfaatan ruang dan lingkungan hidup yang berkelanjutan.

Sasaran Jangka Pendek Smart Environment

Sub-Dimensi Sasaran
Proteksi Lingkungan Meningkatnya kualitas pengelolaan lingkungan hidup  Keanekaragaman hayati dan ruang terbuka hijau publik melalui taman kota
Pengelolaan Sampah dan Limbah Pengelolaan sampah dan limbah pendukung pengembangan destinasi wisata taman kota
Tata Kelola Energi Penggunaan teknologi terbarukan pada ruang publik

 

Quickwin Smart Environment (Mapaccing Toda)

Smart Environment merupakan dimensi dalam Smart City yang bertujuan untuk mendorong kelestarian sumber daya alam yang merupakan sumber kesejahteraan masyarakat yang tinggal di Kota Palopo. Dalam dimensi Smart Environment ada 3 permasalahan yang menjadi fokus utama, yaitu: masalah pelindungan lingkungan, tata kelola sampah, dan tata kelola energi. Adapun program unggulan yang dikembangkan dalam pembangunan Smart City Kota Palopo terfokus pada tata kelola sampah. Program unggulan atau Quickwin Smart City Kota Palopo diberi nama Mappacing Toda (Sistem Informasi Bank Sampah). Program ini dikembangkan untuk mendukung operasional Bank Sampah Kota Palopo sehingga tata kelola sampah di Kota Palopo dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien. Program Bank